salam biker vixion
dari artikel sebelumnya saya telah membuat kesalahan, yaitu dengan copas archive dari blog tetangga.
namun semua yg saya cantumkan sudah saya aplikasikan di motor vixion harian saya. dan buat bro2 sekalian yang ingin mengikuti tips trik maupun saran dari artikel ini saya perlsilahkan dengan lapang .
karena artikel ini saya buat untuk umum. dan sekedar share saja.
oke biker vixion telah lama mesin si vixion saya pake buat harian . entah feeling atau apa saya rasa ada yg aneh dengan vixion saya. dan setelah saya cari tahu ternyata ada pada top speed dan akselerasi yang sudah mulai lemot ( menurun ).
dari hasil tanya sana sini di bengkel2 terdekat ternyata masalah yg di alami si vixion terletak pada pengapian yg kurang maksimal serta ruang bakar yg mulai berkurang kinerjanya sehingga kompresi si vixion jadi menurun.
perfom vixion menunurn bisa bro lihat dari akselerasi, maksimum rpm dan top speed. untuk batas rpm standart vixion adalah di skitar 10.000. bisa lebih ataupun kurang. dan vixion jadi menurun daya dobraknya karena batas rpmnya mulai turun di kisaran 8000 sampai 9000 rpm. buat bro2 biker yg merasa vixion nya jadi lemot , ini saya beri tips buat ngembalikan perfom nya ...
. Setel Klep
Celah klep terlalu longgar atau rapat bisa bikin tenaga mesin turun. Pengendara pun cenderung membetot gas lebih dalam demi meraih akselerasi cepat, efeknya, BBM banyak terpakai, untuk itu, kerenggangan komponen ini kudu disetel tepat sesuai spesifikasi motor masing”.
bila bro biker ingin meraih akselerasi . stel klep bisa di tambahin untuk normal intake 0,10 dan exhaust 0,20. bila bro biker pengen mengejar top speed tanpa perduli akseerasi stel klep bisa di turunin ....
. busi.
busi yang sudah menurun kinerjanya bisa membuat tarikan vixion jadi lemot. saran beli busi baru kalau
sangat berambisi bisa beli busi platinum ataupun iridium
pelumas
untuk pelumas saya sarankan bro pake yg standar pabrikan yamaha saja. kenapa karena oli standar sudah di uji sesuai karakteristik motor. kalau bro sekalian pengen oli yg lebih tok cer silahkan. tapi dengan konsekwensi biaya yang lebih mahal
stel kopling
ganti kampas dan per kopling jika dirasa perpindahan gigi mulai ada yang nyentak. atau bila di lepas
kontan nggak bisa nyundul. saran ganti kampas scorpio dan pake per kopling tiger revo
upgrade pengapian
kalau yang satu ini saya belom aplikasikan di motor, di karenakan sistem pengapian injeki vixion belom
merakyat. kalaupun harus beli yang aftermarket harganya mahal . saran untuk pengapian bisa bro pake
koil tiger revo dan busi iridium . dijamin tarikannya berubah 50%