salam biker vixion. sekedar share pengalaman sendiri waktu on the way Kediri Tulungagung.
okey bro langsung saja ke pokok permasalahan. hari itu minggu sepulang dari kampus langsung go home. berhubung membawa boncengan anak tulungagung. jadi pulang gak langsung sampe rumah malah rea reo ke kota orang. alhasil terjadi kendala waktu masih di jalan. si vixien hilang kendali lantaran kawat koplingnya putus.
apes punya apes putusnya pas di area persawahan yang jarang penduduk. apalagi penduduk nemuin bengkel aja nggak ada. itung2 olah raga si vixien saya dorong sampe nemuin bengkel motor tedekat.
kurang lebih satu kilo baru ada bengkel motor. hemmzzz nafas dah ngosngosan baru bisa istirahat.
setelah sampe ke bengkel ditanya ma pemilik bengkel. "montore nyapo mas?" ( motornya kenapa mas ) ujar pemilik bengkel. terus saya jawab koplingnya putus pak. ada kawat kompling nggak. dan ternyata ada. dengan ngeluarin uang Rp.5000 sudah termasuk pemasangan udah langsung beres dalam hitungan menit.
contoh kawat yang sudah aus
terus waktu mau lanjutin perjalan terasa ada yang aneh jarak tuas kopling ke stang pendek banget. sehingga tiap kali lepas kopling mesin langsung mati molo. dan saya minta si bengkel tadi wat benerin jarak main koplingnya. dan si pemilik bengkel malah nyalahin saya. stel jarak main kopling ya segini mas standartnya. smua motor kopling juga saya atur sedemikian. saya bilang saya tidak terbiasa kopling pendek pak sering mati molo sdtiap lepasin kopling. terus si pemilik bengkel bilang makanya itu kopling sampean putus. kalau mau jarak main kopling panjang kudu rutin ngasih pelumas ke selang kopling biar kawat koplingnya tidak aus karena gesekan. alhasil kawat jadi putus.
kalau stel kopling pendek tingkat ke ausan kawat bisa di minimalis apalagi di tambah pelumas.
dari kata2 si pemilik bengkel jadi saya terbiasa jarak main kopling pendek, dan ternyata kawat juga jadi lebih awet. seminggu sekali selang saya lumasi dengan karbu cleaner.
sampe sekarang kopling dah nggak putus lagi ........salam biker vixion kediri