Rabu, 03 Oktober 2012

Pilih DENSO NGK or TDR

salam biker....

setelah terkena masalah perihal perapian si merah maroon. penggemar vixion putuskan tuk check langsung ke Beres. supaya lebih jelas penyakit yang menghampiri kuda besi penggemar vixion.
tertanggal 02 Oktober 2012 penggemar vixion datang ke beres langganan. di jl kediri poluhan tepatnya di SIS Motor.


nota pembayaran servis motor di SIS motor.
maaf gambarnya tidak jelas.
tertulis disana servis injeksi. lohhhh opo hubungannya pengapian dengan injeksinya..
memang tidak berhubung tapi setelah saya konsultasi ke mekanik dan coba di test ride. ada 2 kemungkinan :
1. pengapian si merah udah upnormal
2. nozle injektornyakotor dan tersumbat, sehingga membuat larinya endut endutan

menanggapi dari opini si mekanik. saya putuskan untuk servis sistem injeksinya. dan sekalian di ganti busi si maroon. supaya sembuh total dari penyakit endut endutan.

setelah menunggu kurang lebih satu jam. baru si merah mendapat giliran masuk ke dalam pit servis. berselang 15 mdnit udah kelar dach servisnya. selesai di servis saya menuju kasir wat bayar. dan ternyata di billing servisnya cuma tertulis servis injeksi. padahal saya minta untuk di ganti businya sekalian. setelah saya tanya ke mekanik ternyata stok businya habis.

check out dari beres langsung menuju ke toko sumber abadi motor. jl mastrip srengat blitar. untuk beli busi baru. disana ditawarin busi biasa apa racing. terus ditunjukin sekalian varian businya. mulai dari busi merek abal2 sampai merek ternama. contoh yang ternama yang ditunjukin NGK Denso TDR... saya putuskan buat nyoba TDR Balistik dengan merogoh kocek Rp.30.000 yahhh luamayan dapet busi race walau bukan iridium tapi perfomanya bagus brooo ... nggak kalah sama Denso atau NGK yang iridium yang kelas bawah.

kelebihan busi TDR Balistic
1. platinum
2. electroda runcing
3. pengapian fokus
4. high burn / pembakaran besar
5. terjangkau .. cocok untuk motor standar






berdsarkan test ride menggunakan TDR balistic memang akselerasi tambah gede dari busi standar. terus nafas motor juga lebih panjang dan yang pasti irit bbm.

salam biker vixion
















kenali performa busi

salam brother biker

langsung ke pokok bahasan.
si merah maroon agak sedikit ngambek kalau di ajak lari kenceng. tarikan juga kurang responsif and agak lambat. terutama kalau udah lari di atas 100km/jm. serasa endut endutan. lama banget buat naik !!!

kenapa demikian?
minggu sepulang dari kediri. and hendak menuju rumah, tanpa sengaja barengan dengan rider thunder 125, and honda new cbr 150. bertiga saling adu akselerasi. dan tidak bisa di pungkiri suzuki thunder harus rela di tinggal. hehehe !!!! and tinggal si maroon vs new cbr 150 ....
perasaan sedikit tidak enak waktu hendak mendahului si cbr di kecepatan 110 km/jm. vixion ku hanya bisa mentok di 120. bisa tambah lebih tapi lamanya minta ampun.

busyet dech.... cbr nya ngece .... dia nggak mau di dahului ....
hampir track 1km si maroon vs cbr sejajar di 120km/jm !!!!
karena gas udah mentok dan performa mesin dah nggak naik lagi terpaksa dengan berat hati. turunin gas dan kecepatan.....
pengalaman paling memalukan di sepanjang sejarah niee.. hoho

sampai dirumah, nemuin temen sesama vixion and coba pinjam kunci busi wt lepas dari cilinder blok nya vixion. and subtitusi sekalian businya. dan ternyata betul. busi si marroon udah loyo. sehingga akselarasinya menurun membuat performa mesin drop.

penampakan busi penggemar vixion yang udah loyo. alias sekarat .....
tapi berhubung belum beli yang baru... masih punya solusi wat di bersihin kerak2 di elektrodanya dengan amplas.. alhasil busi jadi bersih dan cipratan apinya masih memungkinkan untuk dipake,,, dengan catatan tidak lama dalam pemakaian.....





just info buat bro and sis .. supaya rutin check busi motornya terutama saat perjalanan jauh... supaya tidak mati di tengah jalan.. lebih bagus bawa busi serep jikalau terjadi mati bisa langsung di subtitusi ...

sekian semoga bermanfaat. salam biker