Halo
brother vixion .. Rantai
sepeda motor itu adalah suatu media untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke
roda
belakang jadi seandainya mesin motor sudah diupgrade tapi rantainya
kendor..ya..performa motor gak bakal maksimal hari
minggu lalu saya ingin ganti gear set (rantai motor, gear depan dan gear
belakang)..yah..karena memang rantainya sudah kendor dan harus diganti. Rantai
kalau sudah waktunya ganti, dikencangkanpun tetep gak enak dipakai..dan tingkat
kekencangan rantai tidak rata, disatu sisi kencang disisi yang lainnya kendor.
untuk
ganti yang original harganya mahal. ganti aja gear set dari indopart...
kualitas
gak beda jauh ma yang original. kalau pengen kuda besinya respon ma tarikan
mesin, bro sekalian bisa ubah rasio gear belakang. ukuran standart vixion adalah
42....
bisa
brother tambahin atau turunin rasionya
Prinsipnya sama kayak sepeda gunung [mountain bike] yg [normalnya] punya 3 gear di depan dan 6 gear di belakang yg ukurannya bervariasi mulai dari yg kecil hingga besar. Kalo kita pake ni sepeda, tentunya kita mulai dengan gear belakang paling besar, lalu secara perlahan2 diganti ke ukuran gear paling kecil. Hasilnya kita pun gak perlu capek2 ngayuh sepeda sekuat tenaga, alias sepeda jadi berasa ringan dibandingin dengan ngayuh sepeda BMX yg cuma punya 1 gear. Tapi efek lainnya, dengan gear belakang ukuran besar akan sulit dicapai kecepatan maksimum, akan jauh lebih mudah ngebut kl pake gear belakang kecil. 8)
Nah gitu juga di vixion,
insinyur Jepang dah capek2 bikin itung2an ukuran besar gear depan dan belakang yg pas dengan bobot ban+velg ori. Salut buat mereka yg dah nemuin ukuran pas nya, jadi antara akselerasi dan top speed bisa diraih secara maksimal.
Nah berhubung ban+velg ori udah diganti dengan yg aftermarket yg beratnya naudzubillah, berarti ukuran gear juga harus diitung ulang dunk.
Ukuran gear standar vixy adalah
Depan = 14 mata gear | Belakang =42 mata gear
Atau bisa dibilang rasionya = 42 : 14 = 3
Nah berpedoman dengan prinsip sepeda gunung tadi, jadi simple nya tambah gedein aja ukuran gear belakang, karena
Top speed / Berat << Rasio Normal [3] >> Akselerasi / Ringan
Dari itung2an gw yg bukan insinyur , gimana kl gear belakang diganti ma punyanya Scorpio
Depan = 14 mata gear | Belakang = 44 mata gear
Rasio = 44 : 14 = 3,14
Kenapa gear scorpio :
1. Bisa naikin rasio sebesar 0,14 yg gw pikir cukup untuk bikin ringan [kayak standar] tarikan tapi gak bikin top speed turun.
2. Gear dan rantai ada banyak jenisnya, nah yg paling mendekati secara dudukan baut, ketebalan gear dan jenis rantai yg dipake adalah scorpio. (Tipe 428).
Review :
Tentunya semua artikel ttg vixion di blog ini udah gw cobain di vixy gw, biar gak dibilang asal ngomong
Buat yg pengen cobain monggo ikutin langkah2 berikut.
Persiapan :
Tentunya yg harus disiapkan adalah Gear Belakang Scorpio, sayangnya, untuk gear original [merk SunStar] gak bisa dijual ketengan /per part, alias harus dibeli utuh satu set [Gear depan, Gear Belakang dan Rantai] seharga hampir setengah jut. wew…
Buat ngakalinnya, bisa coba produk Indopart, gear belakang scorpio dijual seharga Rp 45rb saja
Pemasangan :
Gak ada yg perlu dikhawatirin soal pemasangan, karena gear scorpio bisa plug n play dipasang di vixion. Dari dudukan baut, ketebalan bahkan design nya sama persis. Kakak-adik sih ya.. Yang beda cuma jumlah matanya aja.
Buat yang udah terlatih bongkar2 roda belakang sih penggantian pasti gak lebih dari 15 menit.
Efek Samping :
Buat yang ngerasa khawatir dengan efek samping dari penggantian, tenang aja bro.
Scorpio pake rantai tipe 428V dan jumlah rantai sebanyak 118 buah.
Vixion pake rantai tipe 428HD dan jumlah rantai sebanyak 120 buah.
Yang perlu disoroti adalah bahwa kedua motor ini menggunakan rantai Tipe 428, artinya ukuran jarak bagian dalam antar plat rantai adalah sama.
Jadi walaupun hanya ganti gear belakang aja [gear depan dan rantai pke ori vixy] gak akan ada masalah.
H dan V hanya simbol jenis rantai, yaitu dengan sistem O-ring atau Biasa dan kode beban maksimal yg mampu ditahan rantai agar gak sampai putus.
Hasil :
Vixion gw pake Velg Power 3.5″ dan Ban Bridgestone Battlax BT45 F=100/80 R=120/80, Busi Denso Irridium IU24, Pertamax.
Setelah pake gear belakang Scorpio, masalah “ngeden” udah bisa diatasin, sekarang tarikan awal udah bisa dikatakan sama kayak Vixy standar.
sumber : http://yudibatang.wordpress.com/http://jopir.wordpress.com