Senin, 26 November 2012

busi racing

salam sobat biker
speed lover pasti sangat akrab banget dengan yang namanya spark plug ...
bagian vital pada kuda besi yang harus optimal kinerjanya ... ibarat manusia busi adalah jantung
jadi kinerja jantung yang baik gimana? standar cepat atau lemah ?
yoookkk di bahas di mari hehehe ....
pabrikan motor selalu membekali produknya dengan busi berbahan nikel ... saya tidak mengatakan busi standar karena setiap mesin beda aturan pengapiannya..
kenapa kok nikel? ini berhubungan dengan tingkat panas nya !! nikel punya titik leleh dibawah platinum sehingga cocok untuk setingan mesin standar terutama di bagian kompresinya.
yang kedua berbahan platinum titik lelehnya di atas nikel cocok untuk motor korek harian.
yang ketiga berbahan iridium titik lelehnya di atas platinum cocok untuk motor race dan biker yang gemar top speed.

sekarang kita cermati penggunaannya.
penggunaan busi berhubungan erat dengan kinerja dan umur busi itu sendiri. disisi lain setingan karbu or injeksi serta setinggan di bagian silinder head juga pengaruh terhadap busi.
busi berbahan nikel akan bekerja optimal dan awet jika di gunakan di kecepatan sedang. alasannya proses pembakaran yang stabil sehingga sisa karbon akan tidak menempel di elektroda. ini membuat kinerja busi nikel optimal dan awet. bila di geber terus terusan alhasil busi akan koit.
beda halnya dengan platinum dan iridium. berdua titik lelehnya jauh di atas nikel sehingga disebut juga busi dingin. terutama yang iridium dengan titik leleh di atas platinum. busi busi demikian akan bekerja optimal dan awet jika kompresi mesin besar dan dalam kecepatan tinggi terus. oleh karenanya busi platinum dan iridium di recom buat race dan pecinta touring dengan catatan mesin high kompresi .

jadi buat agan2 yang mau pake busi racing di pikir2 dolo. akselerasi dan top speed boleh tambah tapi kalau di pake pelan2 justru bikin koit busi itu sendiri. pengalaman saya setelah pake busi iridium dan tdr balistic yang cuma terpake hitungan bulan ..

yamaha vixion irit atau boros

salam biker
yuks sob penggemar vixion mau berbagi pengalaman perihal solo touring. 
solo touring pertama paling jauh penggemar vixion adalah kediri banyuwangi . perjalanan yang sangat melelahkan namun juga mengasyikan. isi bbm full thanks sampe banyuwangi jarum indikator bbm masih berada di tengah.. mohon maaf gak ada jepreten karna waktu itu lupa tidak memfoto sepedo.
solo touring kedua setengah agak jauh adalah kediri ngawi perbatasan dengan sragen jawa tengah.
solo touring yang sangat ekstra hati2 karena jalan yang sangat berlubang-lubang besar dan dalam. tepatnya mulai dari kota caruban sampai masuk kabupaten ngawi. jalannya nggak layak pake.

isi bbm full tank PP jarum indikator berada di tengah. ini juga lupa nggak saya jepret. hehehe
solo touring ke tiga ke ngawi lagi. jalan udah di perbaiki tapi sayang isi bbm full thank PP habis sampe rumah.





 
lohhh kok bisa???????
inilah pertanyaan yang sulit untuk di jawab secara sepihak.
sepulang dari ngawi coba saya cek saluran bbm, throtle body dan semua saluran bensin nya!
dan ternyata normal2 saja. merasa penasaran akhirnya tanya ke bengkel langganan deket rumah!
si mechanik beropini kalau pasti ada part pengapian yang udah menurun kinerja nya. terus sama si mechanik di copot businya dan ternyata businya udah gosong abisss ...
merasa nggak puas businya saya pasang lagi dan coba top speed. dan ternyata top speed mentok di 110km
busi TDR balistic baru beli 1 bulan udah sekarat gan.. 
akhirnya saya putuskan beli besi lagi merek UMI yah lumayan di atas busi standar dikit dan harganya juga murah Rp15.000 aja.
dan setelah ganti busi si vixion jadi kembali kebentuk semuka

salam biker