salam sobat biker
speed lover pasti sangat akrab banget dengan yang namanya spark plug ...
bagian vital pada kuda besi yang harus optimal kinerjanya ... ibarat manusia busi adalah jantung
jadi kinerja jantung yang baik gimana? standar cepat atau lemah ?
yoookkk di bahas di mari hehehe ....
pabrikan motor selalu membekali produknya dengan busi berbahan nikel ... saya tidak mengatakan busi standar karena setiap mesin beda aturan pengapiannya..
kenapa kok nikel? ini berhubungan dengan tingkat panas nya !! nikel punya titik leleh dibawah platinum sehingga cocok untuk setingan mesin standar terutama di bagian kompresinya.
yang kedua berbahan platinum titik lelehnya di atas nikel cocok untuk motor korek harian.
yang ketiga berbahan iridium titik lelehnya di atas platinum cocok untuk motor race dan biker yang gemar top speed.
sekarang kita cermati penggunaannya.
penggunaan busi berhubungan erat dengan kinerja dan umur busi itu sendiri. disisi lain setingan karbu or injeksi serta setinggan di bagian silinder head juga pengaruh terhadap busi.
busi berbahan nikel akan bekerja optimal dan awet jika di gunakan di kecepatan sedang. alasannya proses pembakaran yang stabil sehingga sisa karbon akan tidak menempel di elektroda. ini membuat kinerja busi nikel optimal dan awet. bila di geber terus terusan alhasil busi akan koit.
beda halnya dengan platinum dan iridium. berdua titik lelehnya jauh di atas nikel sehingga disebut juga busi dingin. terutama yang iridium dengan titik leleh di atas platinum. busi busi demikian akan bekerja optimal dan awet jika kompresi mesin besar dan dalam kecepatan tinggi terus. oleh karenanya busi platinum dan iridium di recom buat race dan pecinta touring dengan catatan mesin high kompresi .
jadi buat agan2 yang mau pake busi racing di pikir2 dolo. akselerasi dan top speed boleh tambah tapi kalau di pake pelan2 justru bikin koit busi itu sendiri. pengalaman saya setelah pake busi iridium dan tdr balistic yang cuma terpake hitungan bulan ..