Sabtu, 05 Januari 2013

kapan harus ganti oli mesin

salam biker
bro dan sis kali ini penggemar vixion ingin mengusut masalah pergantian oli. yuk langsung ke pokok bahasan.
banyak biker yang terpaku dengan satu opini saat mengganti oli mesin. biasanya biker tersebut selalu menghitung argo speedo meter motornya? karena sesuai ketentuan motor harus ganti oli mesin di 2500-3000km. nah kalau speedonya rusak atau dicopot gimana? cara lain dengan membuka tutup oli mesin bagian atas tempat dimana kita memasukan oli baru. nah dari situ baru bisa memastikan sudah waktu mengganti apa belom. sedikit ribet tapi penting dan bermanfaat. dan ternyata pabrikan motor juga ada yang sudah menanggulangi masalah ini. contohnya pada satria fu dan ninja 150 terdapat kaca indikator oli di bak mesinnya.
bak mesin ninja dengan kaca indikator oli. penggemar vixion copas dari
http://hourex150l.wordpress.com
dengan kaca tersebut biker jadi tidak repot2 untuk membuka tutup oli mesinnya.
pertanyaannya apakah kita harus melihat kaca indikator sebelum ganti oli. secara taknis pergantian oli harus di lakukan di 2500-3000km.
tentunya iyaaaaa. kenapa?
karena ada kasts di kilometer 1500 warna olinya sudah sangat keruh layaknya 3000 km. kok bisa?


ternyata hal seperti itu terjadi di daerah perkotaan yang rawan macet. alhasil mesin tetep berputar namun kilometer diam. ujung2nya oli sudah uzur sebelum kilometer 2500. oleh karenanya sangat penting untuk biker mengecek oli mesin. jangan terpacu di kilometer saja. sekiranya oli sudah uzur jangan segan2 ganti yang baru. dari pada harus rusak part daleman kuda besi kita.

oke semoga bermanfaat.
salam biker