Rabu, 11 Juli 2012

sproket murah belum tentu murahan

satu tahun lebih  itu lah kata yang saya ucapkan bila ditanya temen atau orang lain perihal gear set yang saya pakai di vixion. kenapa demikian karena sering waktu kumpul bareng temen sambil ngopi ada yang bilang rantainya baru bro, gearnya baru bro, begitulah kira2 pertanyaan yang sering saya terima.
saat saya bilang udah setahun lebih kok .. itu belinya bulan april 2011 sepulang dari PPL di Mojoroto kediri.
karena terasa ada yang ganjal mengenai laju si maroon. pas melintasi kota kediri. larinya ndut ndutan kaya bensin telat masuk keruang bakar. setelah sampai di tempat PPL coba saya cek ternyata rantai yang udah usang banget. sampai indikator rantainya aja di angka terakhir. di tambah ketegangan rantai yang dorgang. kadang kendor kadang tegang. kaya pilem horor aja....

yup selesai PPL terus pulang tak lupa mampir dibengkel wat beli gear set untuk si vixion.
sesampai di bengkel dan tanya pada penjualnya. saya dikasih begitu banyak pilihan. mulai dari gold chain, silver chain. sinob. dan sproket merek lain yang konon kata si penjualnya berkualitas bagus.
ya berhubung anak kulyahan ya cari yang pas di kantong tapi berkualitas. hehhehehehe
pengennya sie yang gold chain... alias rantai yang di pake race pembalap2 nasional. wakakakaka


dari gambar di atas terlihat gigi gear depan vixion tetap tebal dan seperti tak berkurang. pantas kalau banyak yang bilang kalau pake gear set baru. padahal dah berumur satu tahun lebih. hehehe

yup setelah memakai sproket indopart. and sudah teruji kalau gear set indopart nggak murahan walau harganya terjangkau. hal ini terbukti setelah sekian lama pemakaian indikator rantainya masih di tengah.. 
dengan harapan bisa sampe dua tahunan lebih ..hehehe maksa banget

dari pengalaman yang sudah saya lalui. saya mau berbagi tips buat bro2 sekalian yang pengen gear setnya awet. karena harga. dan kualitas belum tentu jadi jaminan gear set tahan lama.
okey nomer 1. usahakan rantai selalu bersih dari debu, sisa pelumas yang mengumpal. karena semua itu bisa menjadi korosi bagi si rantai
2. bersihkan rantai dari karat yang menempel di sela rantai. karena karat selain membuat korosi di rantai juga membuat rantai kurang fleksibel.
3. bersihkan rantai dengan air sabun, detergen atau sampo motor yang penting bisa mengangkat kotoran yang menempel.
4. keringkan rantai dengan cara me lab dengan kain kering, jangan menunggu rantai kering dengan sendirinya, karena air yang kering tadi bisa menyebabkan karat.
5. setelah kering langsung lumasi dengan oli rantai. kalau ada siechhh kalau tidak ya oli bekas tab juga its okey.
6. setelah di beri pelumas. lab lagi dengan kain biar pelumas tidak blepotan.

point2 tips buat bro2 sekalian semoga bermanfaat.
salam biker vixion

3 komentar:

  1. salam balik bro ...
    thanks dah mampir di blog nya ogie
    hehehehe
    ganti mampir deh
    by de we dari mana nie predator community

    BalasHapus
  2. Kalo aku girnya dibakar seperti https://youtu.be/U81q_NSiZic

    BalasHapus