Jumat, 10 Februari 2012

ganti gear vixon


Halo brother vixion :D .. Rantai sepeda motor itu adalah suatu media untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke 
roda belakang jadi seandainya mesin motor sudah diupgrade tapi rantainya kendor..ya..performa motor gak bakal maksimal :D hari minggu lalu saya ingin ganti gear set (rantai motor, gear depan dan gear belakang)..yah..karena memang rantainya sudah kendor dan harus diganti. Rantai kalau sudah waktunya ganti, dikencangkanpun tetep gak enak dipakai..dan tingkat kekencangan rantai tidak rata, disatu sisi kencang disisi yang lainnya kendor.


untuk ganti yang original harganya mahal. ganti aja gear set dari indopart...
kualitas gak beda jauh ma yang original. kalau pengen kuda besinya respon ma tarikan mesin, bro sekalian bisa ubah rasio gear belakang. ukuran standart vixion adalah 42....
bisa brother tambahin atau turunin rasionya


Prinsipnya sama kayak sepeda gunung [mountain bike] yg [normalnya] punya 3 gear di depan dan 6 gear di belakang yg ukurannya bervariasi mulai dari yg kecil hingga besar. Kalo kita pake ni sepeda, tentunya kita mulai dengan gear belakang paling besar, lalu secara perlahan2 diganti ke ukuran gear paling kecil. Hasilnya kita pun gak perlu capek2 ngayuh sepeda sekuat tenaga, alias sepeda jadi berasa ringan dibandingin dengan ngayuh sepeda BMX yg cuma punya 1 gear. Tapi efek lainnya, dengan gear belakang ukuran besar akan sulit dicapai kecepatan maksimum, akan jauh lebih mudah ngebut kl pake gear belakang kecil. 8)
Nah gitu juga di vixion,

insinyur Jepang dah capek2 bikin itung2an ukuran besar gear depan dan belakang yg pas dengan bobot ban+velg ori. Salut buat mereka yg dah nemuin ukuran pas nya, jadi antara akselerasi dan top speed bisa diraih secara maksimal.
Nah berhubung ban+velg ori udah diganti dengan yg aftermarket yg beratnya naudzubillah, berarti ukuran gear juga harus diitung ulang dunk.
Ukuran gear standar vixy adalah
Depan = 14 mata gear | Belakang =42 mata gear
Atau bisa dibilang rasionya = 42 : 14 = 3
Nah berpedoman dengan prinsip sepeda gunung tadijadi simple nya tambah gedein aja ukuran gear belakang, karena
Top speed / Berat << Rasio Normal [3] >> Akselerasi / Ringan
Dari itung2an gw yg bukan insinyur :) , gimana kl gear belakang diganti ma punyanya Scorpio
Depan = 14 mata gear | Belakang = 44 mata gear
Rasio = 44 : 14 = 3,14
Kenapa gear scorpio :
1. Bisa naikin rasio sebesar 0,14 yg gw pikir cukup untuk bikin ringan [kayak standar] tarikan tapi gak bikin top speed turun.
2. Gear dan rantai ada banyak jenisnya, nah yg paling mendekati secara dudukan baut, ketebalan gear dan jenis rantai yg dipake adalah scorpio. (Tipe 428).
Review :
Tentunya semua artikel ttg vixion di blog ini udah gw cobain di vixy gw, biar gak dibilang asal ngomong :D
Buat yg pengen cobain monggo ikutin langkah2 berikut.
Persiapan :
Tentunya yg harus disiapkan adalah Gear Belakang Scorpio, sayangnya, untuk gear original [merk SunStar] gak bisa dijual ketengan /per part, alias harus dibeli utuh satu set [Gear depan, Gear Belakang dan Rantai] seharga hampir setengah jut. wew…
Buat ngakalinnya, bisa coba produk Indopart, gear belakang scorpio dijual seharga Rp 45rb saja :)
gear scorpio
Pemasangan :
Gak ada yg perlu dikhawatirin soal pemasangan, karena gear scorpio bisa plug n play dipasang di vixion. Dari dudukan baut, ketebalan bahkan design nya sama persis. Kakak-adik sih ya.. Yang beda cuma jumlah matanya aja.
gear vixiongear scorpio1
Buat yang udah terlatih bongkar2 roda belakang sih penggantian pasti gak lebih dari 15 menit.
Efek Samping :
Buat yang ngerasa khawatir dengan efek samping dari penggantian, tenang aja bro.
Scorpio pake rantai tipe 428V dan jumlah rantai sebanyak 118 buah.
Vixion pake rantai tipe 428HD dan jumlah rantai sebanyak 120 buah.
Yang perlu disoroti adalah bahwa kedua motor ini menggunakan rantai Tipe 428, artinya ukuran jarak bagian dalam antar plat rantai adalah sama.
Jadi walaupun hanya ganti gear belakang aja [gear depan dan rantai pke ori vixy] gak akan ada masalah.
H dan V hanya simbol jenis rantai, yaitu dengan sistem O-ring atau Biasa dan kode beban maksimal yg mampu ditahan rantai agar gak sampai putus.
Hasil :
Vixion gw pake Velg Power 3.5″ dan Ban Bridgestone Battlax BT45 F=100/80 R=120/80, Busi Denso Irridium IU24, Pertamax.
Setelah pake gear belakang Scorpio, masalah “ngeden” udah bisa diatasin, sekarang tarikan awal udah bisa dikatakan sama kayak Vixy standar.
sumber : http://yudibatang.wordpress.com/
              http://jopir.wordpress.com

22 komentar:

  1. minta ijin dulu sono sama yg punya tulisan/gambar

    BalasHapus
  2. iya mas budak ... pasti minta ijin
    buat yg ini emang masih newbie .. loem tau etika ngeblog.. hehehe
    and lupa arcip blog sapa aja yg q copy...
    yg jelas bukan mas yudi aja ... !!!!!

    BalasHapus
  3. rantai aftermarket yang bagus buat vixi apa bro

    BalasHapus
  4. untuk yang bagus relatis mas ....
    tergantung selera merek dan harga ....
    tapi untuk yang murah meriah dan kualitas kw tapi nggak kw kw an ya indopart ...

    BalasHapus
  5. Wuih ada tulisan ane nih di mari :)
    Tapi gpp kok bro, selagi alamat sumber dan watermark gambar gak ada yg diubah.

    BalasHapus
  6. iya bang jopir ... sorry loem ijin kopas .. !!!
    tapi tu tak lampirin sekalian sumbernya kok !!!
    makasih ACC nya
    soalnya gwe suka buka blog bang jopir buat resensi

    BalasHapus
  7. goood,,,, bisa dicoba tu,,soalxa vixi gue mau ganti udahh,,,hehe

    BalasHapus
  8. vixion lover juga ya brooo ......
    thanks dah mampir

    BalasHapus
  9. mas mau tanya pengalaman setelah pakai gear 44, top speed turun gak?, ane masih bingung kalau mau pakai 44, tapi juga lama" gak tahan mau pakai 44, pakai 42 ngeden naudzubillah. tolong pencerahannya ya. Trims.

    BalasHapus
  10. okeyyy .. semua sudah pernah penggemar aplikasikan ...
    rasio standar 42/14 top speed 120 - 130 ...
    masalah akselerasi ngeden atau nggak tergantung berat badan dan settingan mesin ...
    rasio 42/15 top speed bisa nyentuh 140 .. but butuh time panjang
    akselrasi menurun tapi top speed naik..
    44/14 akselrasi nyendal top speed turun .... mentok 120 aja
    jadi intinya menambah or mengurangi 3 mata gigi belakang berefek pada top speed ... bisa kurang atau nambah 10km/jam

    saran saya pake gear 44 itu kalau roda belakang di gedein aja. sebab diameter roda jadi tambah besar so ... rasio gear nya juga di tambah ... kalau tetep pake roda standar top speed turun .. tapi tarikan mak nyuuuusss ...

    BalasHapus
  11. Kalau rantai byson, cocok untuk vixion gak ya? tolong bantu donk

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua sihhh cocok2 aja asal ukurannya sesuai ... kalau ketebalan mah menyesuaikan ...
      makin tebal makin awettt .....

      Hapus
  12. Master mau nanya vixy ane ban belakang pake ukuran 140/80 pelek lebar gear masih pake yg 42 dan perasaan ane power ngeden,apakah gear belakang juga ganti pake yg ukuran 44 yg punyanya scorpio ???
    Sama klo indopart itu merek gearnya yaa kaya sss , daytona dan semecam nya ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. ganti mas ......
      mengganti gear itu pertimbangannya dari diameter roda keseluruhan dan lebarnya ...
      semakin diamater dan lebar bertambah ... berarti rasio harus mengikuti .

      Hapus
  13. Anda dapat memodikasi motor anda dengan,
    DAFTAR GRATIS
    Sambil Online membuka situs forum , blog , komentar , chat room , chatting , facebook dinding , halaman facebook , kelompok , twitter , situs ptc , situs iklan, kita mendapatkan penghasilan yang terbilang lebih dari lumayan.
    Anda mendaftar gratis, jadi kalaupun anda registrasi anda tidak dirugikan sama sekali, pada awalnya anda akan diberikan modal 25 $ dan seterusnya Anda bisa mendapatkan tanpa batas , itu semata-mata tergantung pada usaha Anda dan seberapa banyak Anda bekerja untuk mempromosikan link anda . Banyak dari anggota kami berpenghasilan lebih dari $ 200 per hari dan 5.000 $ + per bulan.
    Kita tidak akan sukses apabila kita tidak mencoba memulai mengerjakan sesuatu dengan keyakinan kita sendiri, Cobalah pasti Anda tidaka akan rugi !!!
    Caranya :
    Anda hanya perlu open link di bawah dan register sebagai member.
    Mendaftar langsung broadcast !!!
    Anda berminat untuk mencoba, klik http://invite4job.com/?id=46508

    BalasHapus
  14. Saya udah ganti mas yg belakang pake gear scorpio 44 depan pake vixi ukuran 14 indopart klo rante klo ga salah pake yg scorpio nambqh 2 mata rante,bener aja mas power ga ngeden lgi tpi dri gigi 1 ke dua trus ke tiga harus cepet ganti gigi kyk yg napasnya pendek mas,emng seperti itu yaa ??

    BalasHapus
  15. iyaaa mas...... makanya pabrik itu sudah menghitung matang2 semua rasio ....
    kalau kita ganti pasti ada min plus nyaa ....
    ya tergantung selera dan kenyamanan lah ...

    BalasHapus
  16. Mas, saya udah pake indopart 1 set, tp skrng udah kendor lagi, kalo ganti gear blkgnya aja pake punya scorpio bisa ga?

    BalasHapus
  17. bisa mas .. tapi ntar nafasnya motor jadi pendek looo ....
    kan 44 punya scorpio giginya

    BalasHapus
  18. mas, senlm adik ssya baru ganti gearnya old vixi dri yang 14\42 jadi 15\44 complit merek sss.. tpi kok trasa tarean bawah g dapat. trikan atas apalagi.. kira2 apa yang harus drubah itu mas.. trimakasih sebelumnya.. :)

    BalasHapus